Cara Menghilangkan Katar, Cat, Dempul Mobil

Cara Menghilangkan Katar, Cat, Dempul Mobil – Oke segera saja, kesempatan ini Hargamobiloke.com bakal mengajak Anda untuk membahas langkah menyingkirkan karat pada mobil, Langkah mengecat yang benar, perihal dempul mobil, bahan dan peralatan yang di butuhkan serta terakhir yaitu panduan mengunakan kompresor/spray gun.

Menangani Karat Mobil

Karat yakni musuh terbesar pada Kendaraan. Sedang mobil memang di buat dari logam. Body ataupun sasis juga di buat menggunakan logam, karena itu karat seperti kanker yang bisa mengerogoti body mobil.

Banyak pemicu serta argumen mengapa dapat muncul karat pada body mobil. Yang paling penting yakni karena cat mobil terkelupas atau mungkin saja di sebabkan ada goresan serta baret. Mungkin saja karena menabrak, terantuk bebatuan atau benda keras, catnya sudah berumur atau mungkin saja karena kerap terserang panas dengan cara terus menerus.

Cat pada body yang terkelupas ini, ditambah dengan angin dan kelembapan, menyebabkan logam teroksidasi sampai timbulah karat. Karat di mobil ini permulaannya kecil, tetapi senantiasa melebar.

CARA mengecat mobil, mneghilangkan karat, dempul mobil

Langkah menyingkirkan karat di mobil, pasti melalui dengan mengecat kembali. Serta di bawah ini langkah – langkahnya :

  1. Pertama siapkan dahulu peralatan yang di butuhkan ; gerindra serta amplas, lantas sarung tangan, juga sebagai perlindungan pakai juga kaca mata dan pelindung debu.
  2. Menyingkirkan cat di bagian yang berkarat. Anda bisa menggunakan gerindra tangan. Dalam memoles segi body yang berkarat ditangani pelan – pelan saja, atau mungkin saja dapatlah menggunakan amplas 150 grit untuk mengamplas karat, termasuk karat yang ada di logam. amplas sampai halus.
  3. Saat menggunakan gerindra tangan anda harus hati – hati, karena apabila terlampau berlebihan jadi menyebabkan rusaknya body mobil. Untuk bersihkan sisa – sisa karat anda bisa pula menggunakan asam fosfor yang bisa dibeli di toko kimia atau mungkin saja menggunakan cairan penghilang karat dari toko onderdil atau mungkin saja Ace hardware.
  4. Apabila diperlukan, belilah dempul seperti isamu atau mungkin saja yang impor seperti bondo untuk meratakan permukaan. langkah akhir finishing yaitu dengan mengamplas menggunakan tangan dan memakai amplas 120 grit. Setelah seluruhnya sisi karatan halus baru siap untuk dicat.
  5. Beli cat basic untuk mobil.
  6. Langkah implementasi cat dasaran ini biasanya dengan mengelap ruangan yang akan diberi cat dasaran dengan thiner.
  7. Tutup sisi yg tidak dicat dengan kertas koran.
  8. Cat mengunakan cat dasaran dengan jarak 20 – 30 cm.
  9. Aplikasikan 3 lapis dasaran, anda harus menanti supaya agak kering saat sebelum bikin 3 susunan itu. Lalu, Tunggulah cat dasaran betul-betul kering semalaman. Atau minimal seputar 12 jam an.
  10. Setelah kering amplas dengan menggunakan amplas 400 grit.
  11. Lalu di cat tidak tebal supaya tak menggumpal seperti air serta lagi hingga susunan sama atau Anda rasa cukup. Biarlah selama 24 jam untuk mengeringkan.
  12. Step akhir yaitu mengunakan cat vernis atau clear coat juga sebagai susunan paling akhir.
  13. Biarlah sampai cat kering lebih kurang 48 Jam, lalu bersihkan dan gosok mobil. Jangan sampai gunakan kompon di bagian yang baru di kerjakan pengecatan tadi, sampai sedikitnya sebulan setelah pengecetan.

CARA mengecat mobil, mneghilangkan karat, dempul mobill

Langkah Mengecat Body Mobil

Pengecatan tubuh mobil dapat ditangani sendiri, terutama untuk mobil-mobil umum dan tidaklah mobil menawan. Bahan yang digunakan dalam pekerjaan pengecatan yakni dempul, cat basic untuk mobil, cat warna, flincoat, pembersih karat, bahan polis, ingincer (thinner), dan ampelas.

1. Dempul

Ada tiga type dempul yang umum digunakan pada pengecatan tubuh mobil, yaitu dempul plastik, dempul plamir, dan dempul buatan.

Dempul plastik

Dempul plastik lebih cepat keras dan kering. Oleh karenanya gunakan sekedarnya saja. Pengerjaannya harus cepat untuk menghindar pemborosan penggunaan dempul.

Dempul plamir

Dempul plamir yakni dempul umum yang dijual dalam kaleng. Dempul plamir dapat selekasnya digunakan. Karena agak lama mengeringnya jadi sebaiknya digunakan sesuai sama kepentingan.

Dempul buatan

Dempul buatan yaitu gabungan dari dempul plamir dengan cat basic dan bedak talk. Perbandingan gabungan yang disangka paling baik yakni 1 kg cat basic ditambah 1/4 kg bedak talk yang diaduk hingga sempurna, dan lantas ditambah dempul plamir sekedarnya (kurang lebih 1/4 kg).

2. Cat dasar

Cat basic sering juga disebut meni. Ada dua type cat basic yang umumnya digunakan, yaitu cat basic merah dan cat basic abu-abu. Cat basic merah digunakan sebagai cat basic pertama, Cat basic abu-abu digunakan sebagai cat basic ke-2 atau mungkin saja sebagai susunan setelah pekerjaan lanjutan dan pendempulan.

3. Cat warna (cat duco)

Cat duco yakni makna yang umum dikenal di beberapa orang. Sebenarnya Duco yakni merk cat yang pertama kali dapat disemprotkan. Cat warna ada dua type, yaitu :

Cat kering oven

Zat perekat cat ini terdiri atas gabungan yang hanya akan jadi kering jika susunan cat mencapai suhu 120-150 ï½°C.

Cat kering udara

Biasanya bengkel-bengkel karoseri menggunakan cat ini untuk lakukan perbaikan rusaknya cat atau mungkin saja untuk service pengecatan body mobil.

4. Bahan polis

Bahan polis biasanya berwarna coklat muda. Bahan polis berguna untuk melicinkan permukaan cat yang telah kering sampai cat tampak mengkilat. Ada dua type bahan polis yang umum digunakan, yaitu kompon dan kit. Kompon yakni jenis bahan polis yang agak kasar tengah kit yakni jenis polis yang halus. Kit ini digunakan setelah kompon.

5. Thinner

Thinner atau mungkin saja solvent berwarna bening dan berbau khas menyengat hidung. Zat cair ini mengencerkan gabungan zat pewarna dan zat perekat hingga jadi agak encer dan dapat diakukan sepanjang pengecatan. Thinner juga turunkan kekentalan cat atau mengencerkan.

6. Flin coat

Flin coat bertindak untuk menghindar karat dibagian yang sering diserang air. Flin coat berwarna hitam agak kental seperti cat. Flin coat yang beredar di market ada beragam jenis mereknya, salah satunya :

  • Dinitrol
  • Tectyl
  • Coroterol
  • Tuff Kote Dinol

7. Pembersih karat pada mobil

Pembasmi karat yakni bahan kimia untuk bersihkan karat yang menempel dibagian chasis dan tubuh mobil. Penggunaannya yakni dengan langkah digosok-gosokkan atau mungkin saja disapukan dibagian yang akan dibersihkan.

8. Ampelas

Kertas ampelas bertindak untuk menghaluskan permukaan melalui langkah digosok-gosokkan. Halus dan kasarnya kertas ampelas dipertunjukkan oleh angka yang tercatat di balik kertas ampelas itu. Semakin besar angka yang terdaftar perlihatkan semakin halus dan rapat susunan ‘pasir ampelas’ pada kertas itu.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Panas Tinggi

CARA mengecat mobil, mneghilangkan karat, dempul mobilll

Peralatan yang diperlukan dalam pengecatan yakni ;

1. Kompresor

Kompresor harus selalu diletakkan di tempat yang sejuk dan bebas debu tetapi jangan sampai terlalu jauh dari ruangan penyemprotan karena hal sejenis ini akan mengakibatkan berkurangnya tekanan bila pipa angin terlalu panjang.

2. Katup reduksi, alat pemisah air dan minyak

Katup reduksi ini sangatlah mungkin saja tukang-tukang cat untuk mengatur desakannya sesuai sama sama kekentalan dan jumlah cat yang dipakai. Alat ini harus sering dikeringkan.

3. Pipa-pipa saluran cat

Pipa-pipa saluran cat sebaiknya sependek mungkin saja saja untuk menghindar kemungkinan penurunan tekanan. Pipa-pipa saluran ini harus tahan pada bahan pelarut dan thinner. Juga harus tahan pada panas agar dapat digunakan pada penyemprotan panas.

4. Pipa-pipa saluran udara

Pipa-pipa saluran angin harus tahan pada tekanan pada 3 sampai 6 atmosfir. Pipa-pipa saluran angin juga harus di buat sependek mungkin saja saja untuk menghindar penurunan tekanan angin dan kurangi berat pipa itu. Pipa-pipa yang panjang akan memberatkan dan menyusahkan pekerjaan pengecatan.

5. Spray gun

Ada dua type spray gun, yaitu untuk tekanan tinggi dan untuk tekanan rendah. Yakinkan spray gun yang cocok dan enak digunakan. Spray gun yang terlalu besar akan menyebabkan cepat lelah. Hal sejenis ini akan mempunyai dampak pada hasil pengecatan.

Agar didapat hasil pengecatan bagus, pengecatan dengan sistem semprot baiknya ditangani di ruangan tertutup. Sistem ventilasi diatur sedemikian rupa sampai angin harus masuk ruangan dekat langit-langit atap dan harus keluar dari ruangan dekat lantai bawah pada dinding yang berlawanan. Aliran angin seperti ini akan melalui di seluruhnya ruangan dan akan membawa debu-debu semprotan keluar dari ruang tempat pengecatan mobil itu. Penerangan dalam ruangan itu juga harus diatur sampai lampu-lampu bersinar dari ke-2 irislah sisi dinding dan dari atas. Dengan cara barusan kecermatan pada pengecatan dapat tambah baik karena susunan cat disinari oleh lampu dari seluruhnya arah.

Langkah mendempul :

  • Bersihkan bagian-bagian yang akan didempul. Jika berkarat jadi bersihkan dengan pembersih karat dan ampelas.
  • Check bagian-bagian yang akan didempul. Bila terdapat beberapa lekukan jadi ratakan dengan palu khusus (hammer dan doly).
  • Bersihkan bagian-bagian yang sudah rata dengan angin bertekanan.
  • Siapkan cat basic (meni) yang sudah dikombinasi thinner. Perhatikan perbandingan campurannya (biasanya 1 : 1).
  • Lakukan pengecatan basic dibagian yang akan didempul dengan meni. Tekanan angin semprot pada 0, 5 sampai 2 kg/cm2.
  • Semprot segi yang dicat basic. Jarak spray gun pada 8 sampai 10 inchi.
  • Ratakan segi yang lekuk dengan dempul. Biarlah dempul hingga kering.
  • Tambahkan dempul dibagian yang belum rata. Lakukan pendempulan lagi hingga seluruhnya segi rata dan paling baik.
  • Gosok segi yang diolesi dempul tadi dengan menggunakan ampelas, gosok sampai rata dan halus sesuai sama sama bentuk bodi atau mungkin saja media yang akan dicat.
  • Perhatikan nat atau mungkin saja bentuk garis-garis pada bodi, usahakan bentuk nat lurus sesuai sama sama bentuk aslinya.

Baca Juga : Cara Merawat dan Memperbaiki Bumper Mobil

CARA mengecat mobil, mneghilangkan karat, dempul mobil

Panduan teknik langkah menggunakan spray gun yang benar :

  1. Jarak spray gun di bagian yang dicat pada 7 sampai 8 inchi.
  2. Gerakan spray gun yakni dalam arah lurus mendatar dengan jarak yang sama. Apabila jarak spray gun berubah-ubah jadi tak tidak tebal hasil pengecatannya tidak akan sama.
  3. Lebar kipas spray gun harus diatur sedemikian rupa sampai pemakaian cat dapat dibatasi sehemat mungkin saja saja. Aturlah kipas semprot sesuai sama sama ukuran media yang yang akan dicat.
  4. Kecepatan gerak spray gun harus selalu tidak berubah-ubah. Kecepatan yang berubah-ubah mengakibatkan ketebalan pengecatan tidak rata. Untuk mentukan kecepatan gerak spray gun harus diperhitungkan jumlah cat yang keluar dari ujung spray gun.
  5. Apabila akan menyemprot satu plat jadi ke-2 ujungnya harus disemprot lebih dulu. Kemudian sisa seluruhnya permukaan disemprot dan selanjutnya ke-2 ujungnya disemprot lagi.
  6. Langkah menyemprotkan benda yang kecil dalam jumlah yang cukup banyak ditangani dengan letakkan benda-benda itu pada rak dan disemprot sekalian lewat cara bersamaan.
  7. Langkah penyemprotan seperti pager kawat dan sejenisnya dianjurkan dengan meletakkan pelindung di belakang sisi yang bakal di kerjakan pengecatan, itu agar sebagian dari cat yang berbalik dari pelindung dapat menolong untuk tutup segi belakang dari kawat pager itu.

Untuk penyemprotan benda kerja yang bulat langkahnya yakni sebagai berikut :

Satu benda, contoh berbentuk silinder lantaran mempunyai diameter kecil harus disemprot tegak lurus ke atas dan ke bawah berulang-kali hingga cat rata. Bila silinder dengan ukuran yang cukup besar disemprot melalui langkah yang sama juga dengan permukaan yang datar dengan jarak penyemprotan yang lebih pendek. Benda-benda kerja bulat dengan permukaan datar disemprot melalui langkah yang sama juga dengan permukaan datar umum.

Agar hasil pengecatan kualitasnya baik, perhatikan banyak hal dibawah ini :

  • Bersihkan permukaan yang akan dicat dengan thinner pencuci untuk singkirkan wax, silicon, minyak dan kotoran yang lain.
  • Permukaan yang akan dicat harus betul-betul halus. Jadi yakinkan gosok permukaan dengan ampelas yang halus.
  • Gunakan thinner yang berkwalitas tinggi dan aduklah cat dengan sempurna.
  • Jangan sampai Anda mengeringkan cat dalam ruangan tertutup.
  • Baca langkah membersihkan mobil membuat perlindungan warnanya

Perawatan spray gun :

  1. Buka tempat cat dan lepas nosel angin.
  2. Buka nosel angin dan pancarannya.
  3. Celupkan kedalam thinner lantas bersihkan.
  4. Beri pelumas dibagian yang bergerak serta berputar.
  5. Bersihkan spray gun sesudah digunakan.

itu dahulu ya panduan serta info dari hargamobiloke, semoga berguna apabila ada yang kurang lain waktu bakal di post pada halaman Otomotif Hargamobiloke setelah itu. Makasih telah membaca Artikel kami…

harga dempul mobil harga dempul mobil kaleng kecil cara dempul mobil cara menghilangkan dempul mobil cara mengecat mobil cat dasar mobil dempul mobil cara menghilangkan dempul dempul plastik untuk mobil dempul mobil instan cara mendempul mobil cara menghilangkan cat mobil merk dempul mobil yang bagus harga dempul untuk mobil alat pengelupas cat mobil harga dempul cat karimun kotak area solo cara mempergunakan alat alat bengkel cat mobil agar awet cara menambal cat mobil yang terkelupas pembersih karat pada mobil
Aceh Bali Banten Bengkulu Gorontalo Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Riau Lampung Maluku Maluku Utara Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Papua Papua Barat Riau Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Yogyakarta Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Bener Meriah Bireuen Gayo Lues Nagan Raya Pidie Pidie Jaya Simeulue Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Badung Bangli Buleleng Gianyar Jembrana Karangasem Klungkung Tabanan Denpasar Lebak Pandeglang Serang Tangerang Cilegon Serang Tangerang Tangerang Selatan Bengkulu Selatan Bengkulu Tengah Bengkulu Utara Kaur Kepahiang Lebong Mukomuko Rejang Lebong Seluma Bengkulu Boalemo Bone Bolango Gorontalo Gorontalo Utara Pahuwato Gorontalo Administrasi Kepulauan Seribu Administrasi Jakarta Barat Administrasi Jakarta Pusat Administrasi Jakarta Selatan Administrasi Jakarta Timur Administrasi Jakarta Utara Batanghari Bungo Kerinci Merangin Muaro Jambi Sarolangun Tanjung Jabung Barat Tanjung Jabung Timur Tebo Jambi Sungai Penuh Bandung Bandung Barat Bekasi Bogor Ciamis Cianjur Cirebon Garut Indramayu Karawang Kuningan Majalengka Purwakarta Subang Sukabumi Sumedang Tasikmalaya Bandung Banjar Bekasi Bogor Cimahi Cirebon Depok Sukabumi Tasikmalaya Banjarnegara Banyumas Batang Blora Boyolali Brebes Cilacap Demak Grobogan Jepara Karanganyar Kebumen Kendal Klaten Kudus Magelang Pati Pekalongan Pemalang Purbalingga Purworejo Rembang Semarang Sragen Sukoharjo Tegal Temanggung Wonogiri Wonosobo Magelang Pekalongan Salatiga Semarang Surakarta Tegal Bangkalan Banyuwangi Blitar Bojonegoro Bondowoso Gresik Jember Jombang Kediri Lamongan Lumajang Madiun Magetan Malang Mojokerto Nganjuk Ngawi Pacitan Pamekasan Pasuruan Ponorogo Probolinggo Sampang Sidoarjo Situbondo Sumenep Trenggalek Tuban Tulungagung Batu Blitar Kediri Madiun Malang Mojokerto Pasuruan Probolinggo Surabaya Bengkayang Kapuas Hulu Kayong Utara Ketapang Kubu Raya Landak Melawi Pontianak Sambas Sanggau Sekadau Sintang Pontianak Singkawang Balangan Banjar Barito Kuala Hulu Sungai Selatan Hulu Sungai Tengah Hulu Sungai Utara Kotabaru Tabalong Tanah Bumbu Tanah Laut Tapin Banjarbaru Banjarmasin Barito Selatan Barito Timur Barito Utara Gunung Mas Kapuas Katingan Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Lamandau Murung Raya Pulang Pisau Seruyan Sukamara Palangkaraya Berau Bulungan Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Malinau Nunukan Paser Penajam Paser Utara Tana Tidung Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Bangka Bangka Barat Bangka Selatan Bangka Tengah Belitung Belitung Timur Pangkalpinang Bintan Karimun Kepulauan Anambas Lingga Natuna Batam Tanjungpinang Lampung Barat Lampung Selatan Lampung Tengah Lampung Timur Lampung Utara Mesuji Pesawaran Pringsewu Tanggamus Tulang Bawang Tulang Bawang Barat Way Kanan Bandar Lampung Metro Buru Buru Selatan Kepulauan Aru Maluku Barat Daya Maluku Tengah Maluku Tenggara Maluku Tenggara Barat Seram Bagian Barat Seram Bagian Timur Ambon Tual Halmahera Barat Halmahera Selatan Halmahera Tengah Halmahera Timur Halmahera Utara Kepulauan Sula Pulau Morotai Ternate Tidore Kepulauan Bima Dompu Lombok Barat Lombok Tengah Lombok Timur Lombok Utara Sumbawa Sumbawa Barat Bima Mataram Alor Belu Ende Flores Timur Kupang Lembata Manggarai Manggarai Barat Manggarai Timur Nagekeo Ngada Rote Ndao Sabu Raijua Sikka Sumba Barat Sumba Barat Daya Sumba Tengah Sumba Timur Timor Tengah Selatan Timor Tengah Utara Kupang Asmat Biak Numfor Boven Digoel Deiyai Dogiyai Intan Jaya Jayapura Jayawijaya Keerom Kepulauan Yapen Lanny Jaya Mamberamo Raya Mamberamo Tengah Mappi Merauke Mimika Nabire Nduga Paniai Pegunungan Bintang Puncak Puncak Jaya Sarmi Supiori Tolikara Waropen Yahukimo Yalimo Jayapura Fakfak Kaimana Manokwari Maybrat Raja Ampat Sorong Sorong Selatan Tambrauw Teluk Bintuni Teluk Wondama Sorong Bengkalis Indragiri Hilir Indragiri Hulu Kampar Kepulauan Meranti Kuantan Singingi Pelalawan Rokan Hilir Rokan Hulu Siak Dumai Pekanbaru Majene Mamasa Mamuju Mamuju Utara Polewali Mandar Bantaeng Barru Bone Bulukumba Enrekang Gowa Jeneponto Kepulauan Selayar Luwu Luwu Timur Luwu Utara Maros Pangkajene dan Kepulauan Pinrang Sidenreng Rappang Sinjai Soppeng Takalar Tana Toraja Toraja Utara Wajo Makassar Palopo Pare Pare Banggai Banggai Kepulauan Buol Donggala Morowali Parigi Moutong Poso Sigi Tojo Una-Una Tolitoli Palu Bombana Buton Buton Utara Kolaka Kolaka Utara Konawe Konawe Selatan Konawe Utara Muna Wakatobi Bau Bau Kendari Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Mongondow Timur Bolaang Mongondow Utara Kep. Siau Tagulandang Biaro Kepulauan Sangihe Kepulauan Talaud Minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Agam Dharmasraya Kepulauan Mentawai Lima Puluh Kota Padang Pariaman Pasaman Pasaman Barat Pesisir Selatan Sijunjung Solok Solok Selatan Tanah Datar Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Banyuasin Empat Lawang Lahat Muara Enim Musi Banyuasin Musi Rawas Ogan Ilir Ogan Komering Ilir Ogan Komering Ulu Ogan Komering Ulu Selatan Ogan Komering Ulu Timur Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Asahan Batu Bara Dairi Deli Serdang Humbang Hasundutan Karo Labuhanbatu Labuhanbatu Selatan Labuhanbatu Utara Langkat Mandailing Natal Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Padang Lawas Padang Lawas Utara Pakpak Bharat Samosir Serdang Bedagai Simalungun Tapanuli Selatan Tapanuli Tengah Tapanuli Utara Toba Samosir Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjung Balai Tebing Tinggi Bantul Gunungkidul Kulon Progo Sleman Yogyakarta