Harga Motor Trail Honda CRF150L Review dan Spesifikasi

Motor Honda CRF150L – Nampaknya, satu diantara product buatan pabrik Jepang yang bernama Honda CRF150L akan jadi satu diantara kendaraan roda dua yang siap lengkapi pasar otomotif Indonesia di segmen motor adventure. Kemunculan kendaraan adventure itu juga sudah terlihat sejak sekian waktu lalu saat pihak PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan teaser motor ini lewat channel resminya dengan judul “New On-Off Sport Honda. Coming Soon! ”.

Tidak cuma itu saja, hadirnya Honda CRF150L ini makin terang saat pihak PT AHM buka inden untuk motor adventure itu mulai 15 Oktober 2017. Cuma saja, pemesanan resmi untuk motor ini baru dapat diawali pada 1 November 2017. Serta pada akhirnya, PT Astra Honda Motor juga resmi melaunching motor bernama Honda CRF150L itu ke umum pada tanggal 9 November 2017. Motor ini diklaim akan jadi kompetitor ketat KLX 150 garapan Kawasaki yang terlebih dulu telah melegenda bermain di kelas motor adventure 150 cc di Tanah Air. Diluar itu, motor ini juga diklaim mempunyai spesifikasi yang unggul dengan harga yang termasuk cukuplah cocok di kantong. Makin penasaran dengan Honda CRF150L ini bukan?

Nah, saat menyinggung masalah spesifikasi yang dipunyai Honda CRF150L, sudah pasti pihak pabrikan sudah lengkapinya dengan macam kelebihan spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan juga, bila diliat dengan detil, memanglah dari sisi penampilan desainnya juga tampak demikian sporty serta menggoda dimana motor off road yang satu ini di buat dengan rencana yang demikian menantang. Selain itu, Honda CRF150L juga begitu pas untuk kawan-kawan yang menyukai berpetualang di medan off road.

Pasalnya, dari bidang komponen picunya juga tidak dapat dilihat remeh dimana kesempatan ini Honda juga akan mengusung SOHC dengan kemampuan mesin 149 cc. Hingga di pastikan kalau Honda CRF150L ini juga akan mempunyai perform yang begitu handal. Tidak hingga di situ saja, bahkan juga dengan sebagian feature juga ikut disematkan pada motor trail yang satu ini jadi penunjang kenyamanan ataupun keselamatan dalam berkendara. Nah, untuk ketahuinya dengan lebih detil serta lengkap, yuk kita simak penjelasan Kami tentang spesifikasi serta harga Honda CRF150L yang juga akan kita ulas bersama pada segmen berikut ini!

Spasifikasi Motor Trail Honda CRF150L

Motor Trail Honda CRF150L

Motor Trail Honda CRF150L

Desain Honda CRF150L

Di sesi pertama pada kajian ini, penjelasan juga akan kita dari mulai bagian eksterior atau penampilan design fisik yang diusung spesifikasi Honda CRF150L. Seperti dengan segmentasinya jadi motor trail buatan Honda yang satu ini memanglah mempunyai tampang yang cukup menarik serta begitu kental dengan aura ciri khas motor adventure. Hal tersebut juga dapat diliat dari sebagian bidang yang dibawanya dimana dari mulai depan dari Honda CRF150L ini, terlihat rencana tanpa ada headlamp dengan tempat spakbor yang lebih tinggi hingga pancarkan tampang yang begitu garang.

Di sisi berbeda, bila lihat di bagian bagian sebelahnya pada bodi eksterior motor ini, Kami yakinkan kawan-kawan akan terpikat. Sebab, di bagian bagian kanan ataupun kiri dari Honda CRF150L ini tampak satu mini fairing yang di buat relatif agak kaku dengan alur ikuti design tangki bahan bakarnya yang di ketahui mampu menyimpan kemampuan bahan bakar sampai 7. 2 liter. Jadi, lumrah bila kesan tampang garang bergaya off road juga terlihat seimbang. Terlebih dengan blok mesin terbuka atau tanpa ada penutup yang makin memerlihatkan aura kegaharan dari motor Honda CRF150L itu. Belum juga dengan bentuk knalpot yang di buat demikian besar serta makin membuatnya semakin tampak gang.

Disamping itu, motor ini juga akan mengusung jok membuat huruf “V” memanjang sedikit ke belakang hingga juga akan memberi tempat berkendara atau riding yang cocok nan nyaman. Sedang di bagian beda, berlainan dengan versus di luar negeri yg tidak diperlengkapi lampu, Honda CRF150L di Indonesia ini malah diperlengkapi stoplamp serta headlamp. Hal semacam ini tidak terlepas dari peranan dari motor ini yang memanglah diperuntukkan agar bisa jalan di medan off road dan on road. Hal itu berbedda dengan diluar negeri yang memanglah diperuntukkan cuma untuk kebutuhan off road, hingga tidak membutuhkan stoplamp serta headlamp. Yang pasti kalau bagian eksterior yang diusung spesifikasi Honda CRF150L ini termasuk telah tampak demikian sporty serta garang yang begitu ciri khas dengan rencana design bergaya motor off road.

Rangka (sasis)

Mempunyai style design fisik yang terlihat macho serta gagah, pastinya hal tersebut tidak terlepas dari rangka ataupun ukuran dimensi yang dipunyai spesifikasi Honda CRF150L. Hal itu sangat terkait erat dengan segmentasinya dimana jadi motor adventure yang siap melibas jalanan off road yang berkarakter keras tentunya Honda juga akan memakai rangka Semi Double Steel Cube yang berstruktur kuat tetapi termasuk lentur hingga juga akan buat keringanan dalam mengaturnya.

Terkecuali rangka, dimensi yang diusung Honda CRF150L juga dinilai cukup cocok dengan panjang 2119 mm, lebarnya 793 mm, tinggi 1153 mm, serta jarak sumbu rodanya 1375 mm dan berbobot 122 Kg. Menilik dari bentuk dimensinya, nampaknya motor adventure ini berniat di buat lebih slim untuk memudahkan pengendara dalam menerjang semua medan, terlebih jalan off road yang ganas. Di bagian beda, tidak ketinggal juga kalau untuk mensupport segmentasi dari Honda CRF150L ini jadi motor adventure jadi Honda juga sudah membuat dimensinya juga dengan ukuran ground clearance cukup tinggi, yaitu 285 mm hingga di pastikan pengemudinya tidak butuh cemas saat lewat jalan off road dengan adanya banyak bebatuan besar.

Disamping itu di beda bagian, dimensi dari Honda CRF150L ini mempunyai ketinggian tempat duduk 869 mm yang Kami rasa cukup tinggi hingga peluang untuk pemakai berpostur pas-pasan juga akan merasa kesusahan saat mengatur keseimbangan di waktu keadaan motor berhenti. Begitu jadi keseluruhannya dapat Kami yakinkan kalau susunan rangka ataupun dimensi dari spesifikasi Honda CRF150L ini termasuk cukuplah sesuai sama segmentasinya jadi motor adventure.

Suspensi dan Rem Yang Handal

Motor Honda CRF150L

Motor Honda CRF150L

Tidak ketinggal juga kalau dalam spesifikasi Honda CRF150L, pihak pabrikan juga sudah mengusung kaki-kaki penunjang yang begitu kuat. Bukanlah tanpa ada argumen mengingat bidang kaki-kaki dari motor trail yang satu ini adalah satu kebutuhan penunjang manfaat melindungi keseimbangan serta rasa nyaman waktu berkendara. Nah, hubungannya dengan kaki-kaki itu, kesempatan ini Honda CRF150L juga akan mengusung dua suspensi handal yang disematkan pada ke-2 bagian, baik depan ataupun belakang.

Untuk sisi depan, Honda juga akan memercayakan Inverted Telescopic Front Suspension, sedang suspensi belakangnya, Honda CRF150L ini juga akan memakai Monosuspension with Pro-Link Suspension Sistem memiliki ukuran 207 mm travel. Dengan pemakaian ke-2 suspensi itu jadi keseimbangan juga akan semakin terbangun, bahkan juga juga akan buat pengendara juga terasa nyaman walau melalui jalanan bergelombang. Di beda bagian, pihak pabrik asal Negeri Bunga Sakura itu akan lengkapi Honda CRF150L yang mempunyai roda bergaya off road dengan velg 21 inci dibagian depan serta 18 inci dibagian belakang.

Dimana, keduanya juga akan dibalut ban berulir besar yang memiliki ukuran 120 dibagian depan. Disamping itu, untuk bidang ban depan, juga akan memakai ban memiliki ukuran 160. Tidak cuma itu saja, Honda CRF150L juga beritanya juga akan diperlengkapi dengan rem Hydraulic Disc memiliki ukuran 240 mm di bagian depan. Nah, sesaat untuk rem belakang juga akan memakai type rem Hydraulic Disc juga, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil yaitu 220 mm. Tetapi, sekarang ini belum juga di ketahui apakah motor trail ini juga akan memakai tehnologi ABS atau tidak pada bidang remnya. Tetapi, yang pasti spesifikasi Honda CRF150L pada bidang ini dinilai sangatlah kuat untuk melindungi keseimbangan ataupun kenyamanan berkendara.

Performa

Nah, waktunya kita membahas masalah bidang permesinan dari spesifikasi Honda CRF150L. Seperti yang telah Kami perbincangkan diatas, motor adventure bergaya off road ini memanglah juga akan mengusung mesin yang begitu kuat di kelasnya. Pasalnya, di ketahui dengan tentu kalau nanti Honda juga akan membekali motor bernama Honda CRF150L ini memakai mesin type SOHC 4 langkah yang mana mempunyai kemampuan 149 cc silinder tunggal serta berpendingin cair.

Motor Trail Honda CRF150L

Motor Trail Honda CRF150L

Mesin kuat itu juga nanti akan dikawinkan dengan system transmisi manual 5 percepatan. Pasti, dengan bekalan mesin itu motor ini mempunyai pergforma tenaga yang mumpuni. Serta benar saja, Honda CRF150L ini diklaim mampu hasilkan power maksimum sampai 9, 51 kW (12, 91 PS)/8. 000 rpm serta torsi maximum 12, 43 Nm (1, 27 kgf. m)/6. 500 rpm. Diluar itu, nanti bidang dapur picu pada Honda CRF150L ini akan diperlengkapi juga dengan system karburasi 22 mm Piston-Valve dengan pembakaran DC-CDI hingga juga akan buat mengkonsumsi bahan bakarnya jadi lebih maksimum. Nah, bila menilik pada ruangan picunya itu jadi telah dapat di pastikan kalau bidang dapur picu yang diusung spesifikasi Honda CRF150L ini dapat disebut akan begitu gahar serta mumpuni di kelasnya.

Dukungan Fitur

Sesaat berpindah pada kajian beda, nyatanya pada spesifikasi Honda CRF150L ini telah diperlengkapi dengan bebrapa feature mutakhir yang demikian fungsional. Kehadiran sebagian feature itu juga termasuk juga satu diantara kelebihan atau keunggulan sendiri yang dipunyai motor adventure garapan Honda ini. Nah, hubungannya dengan hal itu jadi Honda CRF150L juga juga akan diperlengkapi dengan sebagian feature fungsional, seperti rem type Hydraulic Disc serta Leading Drum yang di pastikan akan siap mendukung keselamatan kawan-kawan manfaat mengatur laju motor adventure ini dengan lebih maksimal.

Diluar itu, Honda CRF150L juga akan diperlengkapi dengan suspensi handal dari Showa yang siap buat kenyamanan pemakai waktu berkendara jadi lebih merasa. Sudah pasti, dengan macam feature yang dibawanya itu jadi tidak heran bila pemakai juga akan terasa nyaman serta keselamatan juga jadi lebih terjamin. Nah dengan spesifikasi Honda CRF150L itu, pasti kawan-kawan penasaran dengan harga nya bukan?

Spesifikasi Honda CRF150L

Mesin
Tipe Mesin Liquid cooled, 4 Stroke, 4 Valve SOHC
Kapasitas 149cc
Rasio Kompresi 9.5:1
Karburasi 22mm piston-valve
Diameter x Langkah 57.3 x 57.8mm
Tenaga Maksimal 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm
Torsi Maksimal 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Starter Electric
Transmisi 5-speed
Dimensi
Panjang 2.119 mm
Lebar 793 mm
Tinggi 1.153 mm
Jarak Sumbu Roda 1.375 mm
Jarak Terendah 285 mm
Tinggi Jok 869 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 7.2 liter
Berat 122 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)
Suspensi Belakang Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)
Ban Depan 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)
Ban Belakang 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)
Rem Depan Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
RemBelakang Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)

Harga Honda CRF150L

Sepintas telah uraian dengan detil tentang spesifikasi yang diusung motor adventure buatan Honda ini disibak, saat ini saatnya untuk kita untuk membahas berkaitan dengan harga Honda CRF150L. Sebelumnya jauh membahas banderol, butuh untuk kawan mengerti sekali lagi kalau motor off road garapan pabrik asal Negeri Matahari ini akan diberi sebagian kelebihan yang cukup menarik pada sebagian bidang. Sebut saja dari sisi design dimana Honda CRF150L juga akan ada dengan mengusung rencana design sederhana namun masih tetap terlihat garang ciri khas motor off road. Sedang untuk performnya sendiri juga termasuk sangatlah mumpuni karena mesin SOHC memiliki 149 cc yang di pastikan juga akan hasilkan power yang begitu maksimum. Pasti hal itu juga akan buat harga Honda CRF150L ini di bandrol dengan angka yang mahal.

Tetapi, lihat segmentasinya yang nanti juga akan berkompetisi dengan KLX 150, sudah pasti honda juga akan tidak membanderolnya dengan angka yang sangat mahal. Begitu jadi di pastikan kalau nanti harga Honda CRF150L ini di bandrol dengan angka yang relatif tengah.

Hubungannya dengan harga Honda CRF150L, nampaknya jadi satu diantara segmen yang paling dinanti. Oleh karenanya, dalam kajian tentang harga nya, nampaknya cukup banyak yang berasumsi motor ini juga akan begitu meneror KLX 150. Hal tersebut begitu lumrah mengingat pihak Honda membanderolnya lebih murah. Dimana, bila mendasarkan atas info tentang harga Honda CRF150L ini dari sebagian sumber dengan tingkat kredibilitas tinggi, menyebutkan kalau Honda mematok motor trailnya ini sejumlah Rp 31. 8 juta-an. Sudah pasti, dengan banderolnya yang lebih murah itu jadi di pastikan motor trail bernama Honda CRF150L ini akan dapat mengambil perhatian beberapa customer untuk membelinya.

Di sisi berbeda dengan kisaran harga itu, pasti juga akan cukup buat Kawasaki untuk siaga. Mengingat, hadirnya motor terbaru Honda ini memanglah juga akan jadi kompetitor KLX 150 kepunyaannya, walau Honda menyebutkan bila motor ini tidak diperuntukkan untuk menyaingi KLX. Nah dengan kisaran harga Honda CRF150L itu, apakah kawan-kawan telah cukup tertarik memilikinya?

Harga Sekitar Rp 31.800.000,- (OTR)

Catatan :

  • Harga Honda CRF150L di atas adalah harga OTR Jakarta
  • Lain kota, peluang lain juga harga Honda CRF150L

Di sisi berbeda, butuh dipahami juga kalau informasi berkaitan dengan harga Honda CRF150L diatas adalah harga untuk on the road Jakarta. Hingga, bila kawan-kawan membelinya diluar harga OTR itu, di pastikan harga nya juga akan berlainan.

Walau demikian, walau juga akan mempunyai ketidaksamaan dari harga OTR itu, tetapi pasti selisih dari harga Honda CRF150L ini akan tidak sangat jauh dengan kisaran harga OTR itu diatas. Selain itu, dengan nama besar Honda yang sekarang ini masih tetap jadi satu diantara raja motor di Tanah Air, pasti bukanlah hal yang susah baginya untuk berkompetisi dengan KLX 150 dari Kawasaki.

Diluar itu, dengan segmentasi yang diincarnya yang masih tetap termasuk tidak sering kompetitor, Honda CRF150L juga dijagokan jadi satu diantara motor favorit Honda yang siap merajai segmen trail 150 cc. Nah, bagaimana penjelasan yang Kami beri telah cukup menarik perhatian kawan-kawan bukan? Sekian penjelasan lengkap yang bisa Kami beri. Mudah-mudahan info tentang spesifikasi serta harga Honda CRF150L diatas dapat jadi rujukan awal untuk rekan-rekan.

harga crf150L kota padang harga honda crf 150L purwakarta
Aceh Bali Banten Bengkulu Gorontalo Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Riau Lampung Maluku Maluku Utara Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Papua Papua Barat Riau Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Yogyakarta Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Bener Meriah Bireuen Gayo Lues Nagan Raya Pidie Pidie Jaya Simeulue Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Badung Bangli Buleleng Gianyar Jembrana Karangasem Klungkung Tabanan Denpasar Lebak Pandeglang Serang Tangerang Cilegon Serang Tangerang Tangerang Selatan Bengkulu Selatan Bengkulu Tengah Bengkulu Utara Kaur Kepahiang Lebong Mukomuko Rejang Lebong Seluma Bengkulu Boalemo Bone Bolango Gorontalo Gorontalo Utara Pahuwato Gorontalo Administrasi Kepulauan Seribu Administrasi Jakarta Barat Administrasi Jakarta Pusat Administrasi Jakarta Selatan Administrasi Jakarta Timur Administrasi Jakarta Utara Batanghari Bungo Kerinci Merangin Muaro Jambi Sarolangun Tanjung Jabung Barat Tanjung Jabung Timur Tebo Jambi Sungai Penuh Bandung Bandung Barat Bekasi Bogor Ciamis Cianjur Cirebon Garut Indramayu Karawang Kuningan Majalengka Purwakarta Subang Sukabumi Sumedang Tasikmalaya Bandung Banjar Bekasi Bogor Cimahi Cirebon Depok Sukabumi Tasikmalaya Banjarnegara Banyumas Batang Blora Boyolali Brebes Cilacap Demak Grobogan Jepara Karanganyar Kebumen Kendal Klaten Kudus Magelang Pati Pekalongan Pemalang Purbalingga Purworejo Rembang Semarang Sragen Sukoharjo Tegal Temanggung Wonogiri Wonosobo Magelang Pekalongan Salatiga Semarang Surakarta Tegal Bangkalan Banyuwangi Blitar Bojonegoro Bondowoso Gresik Jember Jombang Kediri Lamongan Lumajang Madiun Magetan Malang Mojokerto Nganjuk Ngawi Pacitan Pamekasan Pasuruan Ponorogo Probolinggo Sampang Sidoarjo Situbondo Sumenep Trenggalek Tuban Tulungagung Batu Blitar Kediri Madiun Malang Mojokerto Pasuruan Probolinggo Surabaya Bengkayang Kapuas Hulu Kayong Utara Ketapang Kubu Raya Landak Melawi Pontianak Sambas Sanggau Sekadau Sintang Pontianak Singkawang Balangan Banjar Barito Kuala Hulu Sungai Selatan Hulu Sungai Tengah Hulu Sungai Utara Kotabaru Tabalong Tanah Bumbu Tanah Laut Tapin Banjarbaru Banjarmasin Barito Selatan Barito Timur Barito Utara Gunung Mas Kapuas Katingan Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Lamandau Murung Raya Pulang Pisau Seruyan Sukamara Palangkaraya Berau Bulungan Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Malinau Nunukan Paser Penajam Paser Utara Tana Tidung Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Bangka Bangka Barat Bangka Selatan Bangka Tengah Belitung Belitung Timur Pangkalpinang Bintan Karimun Kepulauan Anambas Lingga Natuna Batam Tanjungpinang Lampung Barat Lampung Selatan Lampung Tengah Lampung Timur Lampung Utara Mesuji Pesawaran Pringsewu Tanggamus Tulang Bawang Tulang Bawang Barat Way Kanan Bandar Lampung Metro Buru Buru Selatan Kepulauan Aru Maluku Barat Daya Maluku Tengah Maluku Tenggara Maluku Tenggara Barat Seram Bagian Barat Seram Bagian Timur Ambon Tual Halmahera Barat Halmahera Selatan Halmahera Tengah Halmahera Timur Halmahera Utara Kepulauan Sula Pulau Morotai Ternate Tidore Kepulauan Bima Dompu Lombok Barat Lombok Tengah Lombok Timur Lombok Utara Sumbawa Sumbawa Barat Bima Mataram Alor Belu Ende Flores Timur Kupang Lembata Manggarai Manggarai Barat Manggarai Timur Nagekeo Ngada Rote Ndao Sabu Raijua Sikka Sumba Barat Sumba Barat Daya Sumba Tengah Sumba Timur Timor Tengah Selatan Timor Tengah Utara Kupang Asmat Biak Numfor Boven Digoel Deiyai Dogiyai Intan Jaya Jayapura Jayawijaya Keerom Kepulauan Yapen Lanny Jaya Mamberamo Raya Mamberamo Tengah Mappi Merauke Mimika Nabire Nduga Paniai Pegunungan Bintang Puncak Puncak Jaya Sarmi Supiori Tolikara Waropen Yahukimo Yalimo Jayapura Fakfak Kaimana Manokwari Maybrat Raja Ampat Sorong Sorong Selatan Tambrauw Teluk Bintuni Teluk Wondama Sorong Bengkalis Indragiri Hilir Indragiri Hulu Kampar Kepulauan Meranti Kuantan Singingi Pelalawan Rokan Hilir Rokan Hulu Siak Dumai Pekanbaru Majene Mamasa Mamuju Mamuju Utara Polewali Mandar Bantaeng Barru Bone Bulukumba Enrekang Gowa Jeneponto Kepulauan Selayar Luwu Luwu Timur Luwu Utara Maros Pangkajene dan Kepulauan Pinrang Sidenreng Rappang Sinjai Soppeng Takalar Tana Toraja Toraja Utara Wajo Makassar Palopo Pare Pare Banggai Banggai Kepulauan Buol Donggala Morowali Parigi Moutong Poso Sigi Tojo Una-Una Tolitoli Palu Bombana Buton Buton Utara Kolaka Kolaka Utara Konawe Konawe Selatan Konawe Utara Muna Wakatobi Bau Bau Kendari Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Mongondow Timur Bolaang Mongondow Utara Kep. Siau Tagulandang Biaro Kepulauan Sangihe Kepulauan Talaud Minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Agam Dharmasraya Kepulauan Mentawai Lima Puluh Kota Padang Pariaman Pasaman Pasaman Barat Pesisir Selatan Sijunjung Solok Solok Selatan Tanah Datar Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Banyuasin Empat Lawang Lahat Muara Enim Musi Banyuasin Musi Rawas Ogan Ilir Ogan Komering Ilir Ogan Komering Ulu Ogan Komering Ulu Selatan Ogan Komering Ulu Timur Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Asahan Batu Bara Dairi Deli Serdang Humbang Hasundutan Karo Labuhanbatu Labuhanbatu Selatan Labuhanbatu Utara Langkat Mandailing Natal Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Padang Lawas Padang Lawas Utara Pakpak Bharat Samosir Serdang Bedagai Simalungun Tapanuli Selatan Tapanuli Tengah Tapanuli Utara Toba Samosir Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjung Balai Tebing Tinggi Bantul Gunungkidul Kulon Progo Sleman Yogyakarta