Review All New Toyota Kijang Innova 2016

Nyaris 30 tahun nama Toyota Kijang di kenal di orang-orang Indonesia dari generasi ke generasi, jadi janganlah heran bila membuat gaduh peluncuran Toyota Kijang Innova baru ini bikin keramaian di mana-mana. Bahkan juga sesudah jadi tambah namanya jadi Kijang Innova, ketertarikan customer tidak terbantahkan walau harga nya telah tak dapat disebut ramah di kantong rakyat menengah ke bawah.

All New Toyota Kijang Innova 2016

All New Toyota Kijang Innova 2016

All New Kijang Innova yang di luncurkan Toyota di Fairmont Hotel minggu tempo hari sekalian menjadi World Premiere, jadi sebagai pertama kalinya ia tampak didunia. Bagaimanakah sih Toyota Kijang Innova beralih sesudah nyaris 10 th. beredar lama di Indonesia? Saksikan Review All New Toyota Kijang Innova

Eksterior All New Toyota Kijang Innova 2016

Toyota menyampaikan, rencana eksterior Toyota Kijang Innova baru yaitu tough & sophisticated. Toyota mau menonjolkan hal semacam itu di bagian mukanya, terlebih dengan grilnya yang besar. Walau besar, grilnya tak berkesan tonggos seperti facelift paling akhir pada Toyota Kijang Innova. Bagusnya lagi, hiasan chrome-nya tak norak, lantaran dipadukan dengan warna abu-abu serta hitam dengan gabungan yang cocok.

All New Toyota Kijang Innova 2016 Front/ Depan

All New Toyota Kijang Innova 2016 Front/ Depan

Headlamp bergaya Alphard di Innova lama ditinggalkan, ditukar dengan headlamp yang agak sipit serta memanjang ke samping. Pada type V serta G, ia masih tetap bertipe diamond cut tanpa ada DRL, lain perihal dengan type Q yang telah diberikan LED projector lens serta DRL juga sebagai standard. Dibagian atas serta bawah lampunya, ada lis chrome yang menyatu dengan gril. Lampu sein geser ke dekat foglamp yang juga mempunyai hiasan chrome, serta di depan ada corner sensor.

Headlamp All New Toyota Kijang Innova 2016

Headlamp All New Toyota Kijang Innova 2016

Bila anda memerhatikan bocoran video Innova yang pernah kami beritakan, dijelaskan pelek Innova baru telah memiliki ukuran 17 inci. Namun itu cuma untuk type Q diesel, sementara varian yang lain memakai pelek yang lebih kecil dengan ukuran 16 inci. Design baru peleknya tidak buruk sesungguhnya, namun kami tengok yang 17 inci bikin kuda-kuda Kijang Innova ini lebih mantap. Peleknya belum dilengkapi finishing two tone yang dapat didapati pada Corolla Altis, umpamanya.

All New Toyota Kijang Innova 2016 Slide

All New Toyota Kijang Innova 2016 Slide

Banyak yang memperdebatkan kaca paling belakang waktu lihat sosok Innova dari samping. Tak tahu itu katakan serupa Datsun GO+ Panca atau Suzuki Ertiga, terserah anda saja, namun terang ini di buat agar tak sama juga dengan Innova yang lama. Dari pada Datsun GO+ Panca atau Suzuki Ertiga, kami lebih lihat bila tarikan garis jendela ini serupa dengan Toyota Caldina.

Kami sedikit heran, bila Fortuner serta Yaris dilengkapi aksen floating roof, di Innova malah tidak ya? Sudahlah, mungkin saja memanglah pas begini saja. Spesial untuk type Q, pegangan pintu serta kaca jendela sisi bawahnya telah diberikan aksen chrome. Dari pilar A sampai pilar C, seluruhnya masih tetap menyiratkan aura Innova lama.

Rem Belakang All New Toyota Kijang Innova 2016

Rem Belakang All New Toyota Kijang Innova 2016

Dari samping juga kami mengerti suatu hal, bahwa rem belakang Innova masih tetap memercayakan teromol dan sisi kolong spakbornya tak ditutupi pelindung hingga kesannya kurang rapi sedikit. Walau rem belakangnya teromol, sekurang-kurangnya ABS serta EBD telah jadi standard di seluruhnya type. Oh ya, walau banyak yang ribut masalah kaca baris ketiganya, pasti bersamaan semakin berseraknya mobil ini di jalan makin lama kita bakal punya kebiasaan.

Rear All New Toyota Kijang Innova 2016

Rear All New Toyota Kijang Innova 2016

Di segi belakang Innova ini, perhatian kami tertuju pada design lampu belakang yang lebih mirip mobil keluaran rival, yaitu Honda HR-V. Agak mengganjal sih, terlebih dia belum menggunakan lampu LED. Dibagian belakang ini juga ada kamera parkir, sensor parkir 4 titik, roof spoiler serta antena bermodel sirip hiu.

Interior All New Toyota Kijang Innova 2016

Design interior yang serupa Hilux serta Fortuner ini sesungguhnya cukup menarik untuk sebagian orang, walau dibalik desainnya yang atraktif itu materialnya masih tetap memakai bahan plastik yang biasa-biasa saja. Sesungguhnya tidak jadi masalah dengan bahan plastik, asal plastiknya yang bagus agar sebanding dengan harga nya. Kabar baiknya, fit serta finishing-nya juara.

Interior All New Toyota Kijang Innova 2016

Interior All New Toyota Kijang Innova 2016

Selanjutnya, kami menilainya design aneh di doortrimnya mempunyai segi plus serta minus. Plusnya, kesannya sangatlah enak dilihat serta tak monoton. Minusnya, design ini bikin kita tak dapat menyenderkan penuh tangan kita di pintu, lantaran pasti tangan kita tak tertopang seluruhnya. Sayang sih, walau sebenarnya bahan fabric di doortrim-nya bagus, lembut waktu diraba serta berkesan mahal. Janganlah lupa, pada Innova type Q seluruhnya power window-nya telah automatis.

Interior Doodtrim All New Toyota Kijang Innova 2016

Interior Doodtrim All New Toyota Kijang Innova 2016

Dengan memasangkan panel instrumen yang serupa dengan Toyota Camry, Alphard atau Vellfire, aura mobil mahal semakin merasa bila anda jadi pengemudi. Semua info pada monitor MID di tengahnya dapat dibuka dengan kontrol dari setir yang banyak tombolnya, baik dibagian kiri ataupun kanannya. Tombol pada setir terbagi dalam tombol MID, tombol audio serta tombol telephone. Cruise control? Sayangnya tak ada di Innova type manapun, namun setirnya dapat ditata tilt ataupun telescopic.

Panel Instrumen All New Toyota Kijang Innova 2016

Panel Instrumen All New Toyota Kijang Innova 2016

Sementara type G serta V memercayakan silver panel untuk hiasi dashboard, jadi type Q memakai wood panel. Diferensiasi yang lain yaitu bila jok Innova G serta V berwarna agak cokelat, jadi type Q di beri warna hitam, tetapi seluruhnya keduanya sama bermotif kulit zebra atau harimau.

Interior Pengemudi All New Toyota Kijang Innova 2016

Interior Pengemudi All New Toyota Kijang Innova 2016

Sayangnya, type Q cuma mempunyai jok fabric, belum dilapisi bahan kulit. Agak aneh sesungguhnya bila mengingat berapakah harga nya, namun jok Innova baru tambah nyaman diduduki karena bantalan samping yang lebih menyokong, serta penyusunan ketinggian seatbelt ada untuk pengemudi serta penumpang depan. Spesial pengemudi, ada height adjuster di samping sliding serta reclining.

Jok All New Toyota Kijang Innova 2016

Jok All New Toyota Kijang Innova 2016

AC digital terus dipertahankan, tetapi saat ini design tombol serta monitornya lebih menawan serta yang pasti telah komplit dengan mode auto. Hembusan AC triple blower-nya mengalir sampai baris ketiga. Head unit-nya saat ini jenisnya sama juga dengan Toyota-Toyota yang lain, namun ada perlakuan yang bagus dimana touch screen-nya cukup responsif, tak seperti punya Yaris yang kurang peka. Ada feature air gesture juga di sebagian type, namun anjuran kami sih tak perlu digunakan, (tergantung pengguna).

Panel AC All New Toyota Kijang Innova 2016

Panel AC All New Toyota Kijang Innova 2016

Anjuran kami untuk Toyota, kelihatannya bakal baik bila feature air gesture di hilangkan serta ditukar dengan navigasi GPS juga sebagai standard, lantaran head unit-nya tak mempunyai hal semacam itu. Menyinggung masalah konektivitas, Innova baru sangatlah komplit lantaran mempunyai internet browser, miracast, HDMI, bluetooth, DLNA, voice command, serta ada banyak lagi. Persis dibawah head unit serta AC, ada tombol untuk aktifkan mode Eco, mode Power serta mematikan stability control.

Layar Monitor All New Toyota Kijang Innova 2016

Layar Monitor All New Toyota Kijang Innova 2016

Juga sebagai mobil keluarga dan kepraktisan Innova saat ini lebih baik. Dibagian depan, 3 cup holder telah siap siaga serta ada storage yang ideal di doortrim serta sisi depan tuas transmisi. Untuk pertama kalinya, Toyota Kijang Innova mempunyai laci berpendingin diatas glovebox utama, pas untuk melindungi kesegaran minuman dingin lebih tahan lama atau menaruh cokelat batangan agar tak cepat meleleh. Gloveboxnya bagus juga, lantaran ia jatuhnya perlahan-lahan waktu di buka hingga berkesan elegan.

Kabin Tengah All New Toyota Kijang Innova 2016

Kabin Tengah All New Toyota Kijang Innova 2016

Satu diantara poin utama Innova yaitu space untuk penumpang, serta itu tak hilang di generasi barunya ini. Waktu masuk ke bangku baris ke-2, saya masih tetap terasa mempunyai legroom serta headroom yang lega walau tinggi saya meraih 178 cm. Spesial type Q, hadirnya captain seat bikin dia cuma dapat dinaiki 7 orang. Bila ingin yang daya angkut orangnya semakin banyak, type V serta G ada tanpa ada captain seat, hingga dapat berisi 8 orang.

Meja Lipat All New Toyota Kijang Innova 2016

Meja Lipat All New Toyota Kijang Innova 2016

Seperti jok pada penumpang depan dan jok penumpang tengah memperoleh sarana sliding serta reclining. Toyota sangatlah bangga memamerkan meja lipat yang disiapkan untuk penumpang belakang Innova type V serta Q, lantaran ini tak ada di Innova yang tempo hari. Pelipatannya gampang, mejanya juga rigid. Meja lipat ini dapat menahan beban sampai 10 kg serta telah mempunyai cup holder, jadi keseluruhan ada 4 cup holder dibagian kabin tengah, belum termasuk juga kantong di pintunya.

Ambient Light All New Toyota Kijang Innova 2016

Ambient Light All New Toyota Kijang Innova 2016

Yang menjadi kebanggaan Innova baru yang lain yaitu ambient lighting berwarna biru, yang diilhami oleh duo Alphard serta Vellfire. Kesan mewahnya sangatlah bisa, serta jelas dan redupnya dapat ditata dari tombol di samping tombol-tombol AC baris ke-2 yang bertengger di atap. Lantaran untuk penyusunan AC baris ke-2 ada tombol auto juga, kami rasa Innova baru ini telah dual zone climate control.

Jok Tengah All New Toyota Kijang Innova 2016

Jok Tengah All New Toyota Kijang Innova 2016

Ada sesuatu berkaitan joknya dan tak tahu mengapa dengan cara visual kami terasa jok tengah Innova baru ini menipis di banding jok Innova lama, walau waktu diduduki terasa masih tetap fine, bahkan juga joknya telah lengkap dengan ISOFIX. Untuk customer yang perlu konsumsi listrik buat gadgetnya, power outlet untuk baris ke-2 ada dibagian tengah bawah.

Cup Holder All New Toyota Kijang Innova 2016

Cup Holder All New Toyota Kijang Innova 2016

Gang diantara captain seatnya cukup sempit bila anda yaitu orang yang sukai tunjukkan kebesaran anda (alias gendut/gembrot), terlebih diantara ke-2 jok tengah ada cup holder untuk 2 gelas atau botol dibagian bawah hingga bakal menyusahkan bila mesti melangkahinya. Oleh karenanya, akses termudah untuk masuk ke kabin belakang yaitu dengan one touch tumble yang telah disiapkan Innova baru, bukanlah melalui gang senggol diantara captain seatnya.

Jok Belakang All New Toyota Kijang Innova 2016

Jok Belakang All New Toyota Kijang Innova 2016

Seperti yang disangka, kabin baris ketiganya pas-pasan untuk orang dewasa, namun tak dalam kelompok menyiksa. Orang dewasa masih tetap dapat duduk disini, namun akan pegal juga bila duduknya untuk saat yang lama. Toyota saat ini lebih perhatian dengan bangku baris ketiga, lantaran saat ini telah layak untuk menyimpan 3 orang dengan aman serta layak. Dapat dibuktikan karenanya ada headrest serta seatbelt 3 titik untuk seluruhnya penghuni baris ketiga, terlebih storage serta AC juga masih tetap diberikan.

Bagasi All New Toyota Kijang Innova 2016

Bagasi All New Toyota Kijang Innova 2016

Untuk bagasi Innova baru termasuk sebelas dua belas dengan Innova yang lama, tak ada ketidaksamaan kemampuan yang mencolok, demikian pula mekanisme pelipatan bangkunya yang masih tetap menyamping. Bedanya, bila bangku Innova lama dapat bikin otot bisep anda kekar lantaran berat waktu dilipat, bangku Innova baru tambah lebih gampang untuk dilipat lantaran telah ada per di engselnya. Sentuhan kecil, namun berguna untuk kurangi beban hidup demikian %.

Pelipatan Kursi Bagasi All New Toyota Kijang Innova 2016

Pelipatan Kursi Bagasi All New Toyota Kijang Innova 2016

Dan pintu bagasi Innova baru di type Q telah mempunyai tehnologi vacuum door atau soft closing door, jadi bila kita tak berniat tutup pintu bagasi kurang rapat, pintu bagasi bakal merapat dengan sendirinya. Bagus sih, namun bila kami bisa merekomendasikan, hadirnya electric tailgate seperti pada Nissan X-Trail atau Ford Everest akan lebih useful dari pada soft closing door ini. Cuma anjuran saja lho ya.

Mesin serta Feature Safety All New Toyota Kijang Innova 2016

Seperti yang telah di beritakan jauh-jauh hari pada awal mulanya, highlight jantung Innova baru yaitu mesin diesel pengganti mesin KD lama yang dinamakan GD berspesifikasi 2. 400 cc 4 silinder turbo diesel. Dengan tenaga 149 PS di 3. 400 rpm, ia jauh melampaui pendahulunya yang tenaganya cuma 100 PS lebih sedikit dari yang sekarang, untuk torsinya 359 Nm (1. 200 rpm – 2. 600 rpm) untuk yang matik serta 342, 2 Nm (1. 200 rpm – 2. 800 rpm) untuk yang manual.

Mesin All New Toyota Kijang Innova 2016

Mesin All New Toyota Kijang Innova 2016

Dan untuk mesin bensinnya masih tetap berkode 1TR-FE, tetapi saat ini dengan Dual VVT-i, oleh karena itu saat ini mesin itu mempunyai tenaga 139 PS di 5. 600 rpm serta torsi 183 Nm di 4. 000 rpm. Untuk pilihan transmisinya yaitu manual 5 speed atau matik 6 speed, serta khusus untuk matik, ada mode manual yang disebut pertama kalinya ada di Toyota Innova.

Kami sedikit bingung pada absennya peredam dibagian kap mesin Innova bensin, tetapi peredam itu ada di varian bermesin diesel. Sesungguhnya ada session test drive, namun lantaran areanya terbatas, kami tak dapat mencari tahu beberapa hal. Cuma sedikit yang dapat kami berikan saat ini, yaitu : mesin dieselnya jauh lebih baik performanya di putaran bawah, setirnya lebih berat serta tuas transmisi Innova diesel manual sangatlah bergetar waktu dipegang.

Masalah feature safety, Toyota sangatlah royal untuk Innova type Q diesel. Di type inilah kita bakal temukan 7 airbags, hill assist control, stability control yg tidak ada di Innova lainnya. Untuk seluruhnya varian, telah memperoleh ABS+EBD juga sebagai standard, tetapi type V serta G cuma mampu 3 airbags serta tak ada immobilizer buat Innova G.

Kesimpulan #All New Toyota Kijang Innova 2016

Pada akhirnya kijang yang dahulu datang dari padang rumput saat ini jadi peliharaan VIP di Istana Bogor. Tujuannya yaitu, evolusi Kijang dari mobil yang dahulu di buat juga sebagai mobil yang simpel serta cocok untuk sebagian besar rakyat Indonesia saat ini telah meraih standard yang tinggi bila dibanding 4 generasi Kijang pertama, terlebih di sisi sarana pemanja pengemudi serta penumpang.

Gambar All New Toyota Kijang Innova 2016

Gambar All New Toyota Kijang Innova 2016

Bukanlah apa-apa, jika diambilnya elemen “mahal” dari Vellfire, Alphard serta Camry seperti ambient lighting, panel instrumen, driving mode selector, penyimpanan berpendingin, meja lipat serta sederet feature safety pada Innova Q diesel membuatnya telah tak dapat dilihat mata sebelah lagi seperti Innova lama yang sepanjang 10 th. begitu-begitu saja. Bahkan juga dengan cara feature, telah menyerempet pasar Biante, Serena, Delica serta NAV1.

Dan kami juga sedikit kaget dengan perhatian dari Toyota untuk memfasilitasi pengemudi dengan system sistem yang menolong keamanan, keasyikan serta fleksibilitas mengemudi. Walau sebenarnya yang namanya mobil keluarga umumnya lebih mengutamakan kenyamanan penumpang serta masa bodoh masalah pengemudi. Dan bukti kenyataannya ada pada transmisi matik dengan mode manual, tilt and telescopic steering, penyusunan jok komplit dan sebagainya.

Foto All New Toyota Kijang Innova 2016 Terbaru

Foto All New Toyota Kijang Innova 2016 Terbaru

Bukanlah artinya Kijang ini tanpa ada cela mentang-mentang telah jadi peliharaan VIP. Terdapat banyak item remeh yang sedikit kurang mendukung fasilitasnya yang sudah sangat bagus. Sebut saja design doortrim aneh yg tidak dapat digunakan juga sebagai armrest, tak ada jok kulit untuk type V atau bahkan juga Q, belum ada GPS, pelindung spakbor, rem belakang teromol serta peredam kap mesin tidak hadir, bahkan juga ketiadaan immobilizer untuk type G mungkin saja akan jadi catatan yang menghiasi pertimbangan customer.

Masih tetap ada lagi dan dengan sekitar harga yang saat ini (280 juta Rupiah sampai 424 juta Rupiah), banyak customer lihat Toyota Kijang Innova bukanlah lagi jadi mobil rakyat yang terjangkau. Dari pada mobil rakyat, harga nya telah mendekati mobil wakil rakyat.hehehe… Secara singkat, harga Kijang ini membuat sedikit kejang kejang dompet Anda. hehe.

Namun selanjutnya, customer bakal bingung juga waktu ingin beli Toyota Innova Q, dikarenakan banyak alternatif lain dari harga yang selisihnya tak jauh beda dengan Innova Q contohnya seperti Mazda Biante dari kelas MPV roti tawar, Ford Focus Ecoboost dari kelas sedan/hatchback, Nissan X-Trail dari kelas SUV serta mobil-mobil yang lain.

Bagaimanakah pendapatmu mengenai All New Toyota Kijang Innova baru ini? Berikan di kolom komentar..

interior bagasi toyota innova 2014 kursi innova bekas
Aceh Bali Banten Bengkulu Gorontalo Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Riau Lampung Maluku Maluku Utara Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Papua Papua Barat Riau Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Yogyakarta Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Bener Meriah Bireuen Gayo Lues Nagan Raya Pidie Pidie Jaya Simeulue Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Badung Bangli Buleleng Gianyar Jembrana Karangasem Klungkung Tabanan Denpasar Lebak Pandeglang Serang Tangerang Cilegon Serang Tangerang Tangerang Selatan Bengkulu Selatan Bengkulu Tengah Bengkulu Utara Kaur Kepahiang Lebong Mukomuko Rejang Lebong Seluma Bengkulu Boalemo Bone Bolango Gorontalo Gorontalo Utara Pahuwato Gorontalo Administrasi Kepulauan Seribu Administrasi Jakarta Barat Administrasi Jakarta Pusat Administrasi Jakarta Selatan Administrasi Jakarta Timur Administrasi Jakarta Utara Batanghari Bungo Kerinci Merangin Muaro Jambi Sarolangun Tanjung Jabung Barat Tanjung Jabung Timur Tebo Jambi Sungai Penuh Bandung Bandung Barat Bekasi Bogor Ciamis Cianjur Cirebon Garut Indramayu Karawang Kuningan Majalengka Purwakarta Subang Sukabumi Sumedang Tasikmalaya Bandung Banjar Bekasi Bogor Cimahi Cirebon Depok Sukabumi Tasikmalaya Banjarnegara Banyumas Batang Blora Boyolali Brebes Cilacap Demak Grobogan Jepara Karanganyar Kebumen Kendal Klaten Kudus Magelang Pati Pekalongan Pemalang Purbalingga Purworejo Rembang Semarang Sragen Sukoharjo Tegal Temanggung Wonogiri Wonosobo Magelang Pekalongan Salatiga Semarang Surakarta Tegal Bangkalan Banyuwangi Blitar Bojonegoro Bondowoso Gresik Jember Jombang Kediri Lamongan Lumajang Madiun Magetan Malang Mojokerto Nganjuk Ngawi Pacitan Pamekasan Pasuruan Ponorogo Probolinggo Sampang Sidoarjo Situbondo Sumenep Trenggalek Tuban Tulungagung Batu Blitar Kediri Madiun Malang Mojokerto Pasuruan Probolinggo Surabaya Bengkayang Kapuas Hulu Kayong Utara Ketapang Kubu Raya Landak Melawi Pontianak Sambas Sanggau Sekadau Sintang Pontianak Singkawang Balangan Banjar Barito Kuala Hulu Sungai Selatan Hulu Sungai Tengah Hulu Sungai Utara Kotabaru Tabalong Tanah Bumbu Tanah Laut Tapin Banjarbaru Banjarmasin Barito Selatan Barito Timur Barito Utara Gunung Mas Kapuas Katingan Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Lamandau Murung Raya Pulang Pisau Seruyan Sukamara Palangkaraya Berau Bulungan Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Malinau Nunukan Paser Penajam Paser Utara Tana Tidung Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Bangka Bangka Barat Bangka Selatan Bangka Tengah Belitung Belitung Timur Pangkalpinang Bintan Karimun Kepulauan Anambas Lingga Natuna Batam Tanjungpinang Lampung Barat Lampung Selatan Lampung Tengah Lampung Timur Lampung Utara Mesuji Pesawaran Pringsewu Tanggamus Tulang Bawang Tulang Bawang Barat Way Kanan Bandar Lampung Metro Buru Buru Selatan Kepulauan Aru Maluku Barat Daya Maluku Tengah Maluku Tenggara Maluku Tenggara Barat Seram Bagian Barat Seram Bagian Timur Ambon Tual Halmahera Barat Halmahera Selatan Halmahera Tengah Halmahera Timur Halmahera Utara Kepulauan Sula Pulau Morotai Ternate Tidore Kepulauan Bima Dompu Lombok Barat Lombok Tengah Lombok Timur Lombok Utara Sumbawa Sumbawa Barat Bima Mataram Alor Belu Ende Flores Timur Kupang Lembata Manggarai Manggarai Barat Manggarai Timur Nagekeo Ngada Rote Ndao Sabu Raijua Sikka Sumba Barat Sumba Barat Daya Sumba Tengah Sumba Timur Timor Tengah Selatan Timor Tengah Utara Kupang Asmat Biak Numfor Boven Digoel Deiyai Dogiyai Intan Jaya Jayapura Jayawijaya Keerom Kepulauan Yapen Lanny Jaya Mamberamo Raya Mamberamo Tengah Mappi Merauke Mimika Nabire Nduga Paniai Pegunungan Bintang Puncak Puncak Jaya Sarmi Supiori Tolikara Waropen Yahukimo Yalimo Jayapura Fakfak Kaimana Manokwari Maybrat Raja Ampat Sorong Sorong Selatan Tambrauw Teluk Bintuni Teluk Wondama Sorong Bengkalis Indragiri Hilir Indragiri Hulu Kampar Kepulauan Meranti Kuantan Singingi Pelalawan Rokan Hilir Rokan Hulu Siak Dumai Pekanbaru Majene Mamasa Mamuju Mamuju Utara Polewali Mandar Bantaeng Barru Bone Bulukumba Enrekang Gowa Jeneponto Kepulauan Selayar Luwu Luwu Timur Luwu Utara Maros Pangkajene dan Kepulauan Pinrang Sidenreng Rappang Sinjai Soppeng Takalar Tana Toraja Toraja Utara Wajo Makassar Palopo Pare Pare Banggai Banggai Kepulauan Buol Donggala Morowali Parigi Moutong Poso Sigi Tojo Una-Una Tolitoli Palu Bombana Buton Buton Utara Kolaka Kolaka Utara Konawe Konawe Selatan Konawe Utara Muna Wakatobi Bau Bau Kendari Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Mongondow Timur Bolaang Mongondow Utara Kep. Siau Tagulandang Biaro Kepulauan Sangihe Kepulauan Talaud Minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Agam Dharmasraya Kepulauan Mentawai Lima Puluh Kota Padang Pariaman Pasaman Pasaman Barat Pesisir Selatan Sijunjung Solok Solok Selatan Tanah Datar Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Banyuasin Empat Lawang Lahat Muara Enim Musi Banyuasin Musi Rawas Ogan Ilir Ogan Komering Ilir Ogan Komering Ulu Ogan Komering Ulu Selatan Ogan Komering Ulu Timur Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Asahan Batu Bara Dairi Deli Serdang Humbang Hasundutan Karo Labuhanbatu Labuhanbatu Selatan Labuhanbatu Utara Langkat Mandailing Natal Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Padang Lawas Padang Lawas Utara Pakpak Bharat Samosir Serdang Bedagai Simalungun Tapanuli Selatan Tapanuli Tengah Tapanuli Utara Toba Samosir Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjung Balai Tebing Tinggi Bantul Gunungkidul Kulon Progo Sleman Yogyakarta